8 Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

Seleberita.net – Rambut adalah mahkota. Kerap kali orang melakukan perawatan untuk mendapatkan tampilan rambut yang sempurna.

Dari melakukan keramas, creambath, pencatokan, sampai dengan pewarnaan ramut.

Tapi, banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka seringkali melakukan kebiasaan buruk yang dapat membuat rambut mereka rontok bahkan dapat memicu timbulnya kebotakan.

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

Berikut adalah kebiasan seseorang yang dapat memicu rambut rontok atau kebotakan:

1. Mencuci rambut setiap hari.

Keramas setiap hari dapat menyebabkan kelenjar sabum (minyak yang menjaga kelembaban rambut) bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Kadar minyak yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan rambut kusam, berminyak atau kering, dan kerontokan rambut. Sebaiknya keramas dilakukan sekali dalam 2 hari.

2. Menggunakan kondisioner berlebihan.

Kondisioner digunakan untuk mencegah rambut agar tidak kering. Tapi, penggunaan kondisioner yang berlebihan dapat membuat rambut rontok.

Karena, di dalam kondisioner terdapat protein yang membentuk rantai yang membuat rambut rapuh. Rambut yang rapuh akan mudah rontok.

3. Menyisir rambut yang basah.

Rambut yang basah adalah rambut yang mudah rapuh. Rambut yang basah akan mengembang ketika disisir yang membuat rambut rontok.

Gunakan sisir yang giginya jarang ketika rambut basah. Atau tunggu rambut kering untuk menggunakan sisir yang giginya rapat.

4. Mengikat rambut yang basah.

Rambut yang diikat saat basah akan memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Apabila dibiarkan akan menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

5. Menggunakan hair dryer dan catok tanpa menggunakan vitamin rambut.

Tidak menggunakan vitamin atau pelembab ketika mencatok atau menggunakan hair dryer akan membuat rambut menjadi kering, kusam, dan mudah rontok karena panas.

6. Mewarnai rambut.

Penggunaan pewarna rambut yang berbahan petroleum dapat merusak folikel rambut.

Apabila pewarna rambut digunakan secara terus menerus dan berlangsung lama dapat menyebabkan rambut kering dan berhenti tumbuh.

7. Merokok.

Selain menyebabkan kanker dan jantung, merokok juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Hal ini terjadi karena merokok dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah akibatnya suplai darah ke folikel rambut berkurang.

8. Banyak pikiran (stres).

Keadaan stres pada pria akan menyebabkan produksi hormon yang meningkat.

Hormon testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) akan meresap ke batang rambut yang menyebabkan penipisan pada rambut.

Selanjutnya, rambut tidak sehat dan menyebabkan kerontokan bahkan rambut berhenti tumbuh.

Hindari kebiasaan-kebiasaan memperlakukan rambut seperti diatas untuk mengurangi rambut rontok.

Tips Agar Rambut Tebal dan Kuat

Selain karena perawatan yang kurang tepat kondisi tubuh seseorang juga berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada kondisi rambut.

Diet yang kurang tepat misalnya bisa menyebabkan rambut rontok, kusam dan rapuh.

Selain itu bahan kimia dan blow dryer yang terlalu panas mempengaruhi kekuatan rambut.

Jika anda punya masalah dengan rambut kusam dan rontok, berikut ini adalah beberapa tips supaya rambut lebih sehat, tebal dan kuat.

1. Kurangi panas

Panas yang berlebihan mengurangi kelembaban rambut yang menjadikannya tampak kusam dan rapuh. Sumber panas bisa dari hair dryer, catok maupun air hangat pada saat mandi.

2. Gunakan konditioner

Gunakan konditioner setiap hari agar kelembaban rambut tetap terjaga. Pilih konditioner juga dilengkapi dengan nutrisi yang menguatkan rambut.

3. Potong ujung rambut yang bercabang

Rambut yang kering biasanya ujungnya akan retak dan bercabang. Potong bagian ini agar rambut tampak lebih sehat.

4. Gunakan shampo yang ringan

Jangan keramas setiap hari karena detergen dalam shampo membuat rambut semakin kering.

Keramas dua hari sekali dengan formulasi shampo yang ringan, jika perlu gunakan shampo bayi untuk sementara waktu sampai rambut tebal dan kuat kembali.

5. Hentikan pengrusakan rambut

Stop menggunakan pelurus, pengeras, pewarna dan pengering rambut karena dapat semakin memperparah kondisi yang sudah ada.

Sebaliknya gunakan air dingin supaya rambut tampak lebih sehat dan bersinar.

6. Hair tonic

Cari tonik rambut buatan dalam negeri karena hair tonic ini diformulasikan dengan bahan-bahan lokal untuk jenis rambut orang Indonesia sehingga kemungkinan cocok lebih besar.

Gunakan setiap hari pada rambut sampai rambut benar-benar sehat seperti semula.

7. Minyak zaitun

Bubuhkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala pada malam hari sebelum tidur seminggu sekali. Pagi harinya bilas dengan air hangat untuk menghilangkannya.

8. Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai efek positif dalam menjaga kesehatan rambut, bahkan lidah buaya mampu mengatasi kerontokan rambut karena mengandung glikoperin dan polisakarida yang mendorong pertumbuhan rambut dan menenangkan kulit kepala.

Selain menerapkan cara-cara diatas jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan pencegah rambut rontok untuk menutrisi rambut dari dalam.

Perawatan rambut luar dalam menjadikan rambut tampak lebih tebal dan kuat alami.