Makanan dan Kandungan Nutrisi Yang Diperlukan Ibu Hamil Muda

Seleberita.net – Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem pada tubuh, pemeliharaan kesehatan dan pertumbuhan.Nutrisi biasanya juga dikatakan sebagai gizi.

Semua orang atau makhluk yang hidup pasti sangat membutuhkan gizi atau nutrisi, apalagi bagi ibu yang sedang mengandung.Janin yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap.Nutrisi tersebut berguna untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan janin.

Selain itu perubahan hormonal yang dialami ibu hamil pada tiga bulan kehamilan pertama dapat mempengaruhi sensitivitas dan stamina ibu hamil juga janin.

Berikut makanan dan kandungan nutrisi yang diperlukan ibu hamil muda :

1. Sayuran
Pada umumnya,saat hamil muda memang akan mengalami rasa mual. Hal ini mungkin sangat wajar.Untuk mengatasi rasa mual, ibu hamil dapat mengkonsumsi sayuran berwarna hijau.Sayuran tidak hanya bisa mengurangi rasa mual.

Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan zat besi yang merupakan nutrisi yang diperlukan ibu hamil mudauntuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Bayam mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak.Selain itu, sayuran hijau juga mengandung mineral, dan mineral sangat dibutuhkan oleh ibu dan janinnya.

Produk susu
Sekarang banyak sekali produk susu khusus untuk ibu hamil dan berbagai rasa. Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu ibu dalam pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin.

Saat kebutuhannutrisi ibu hamil muda seperti proteindan mineral terpenuhi,maka hal ini dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin.Banyak berbagai macam pilihan susu, ibu dapat memilih susu kedelai ataupun yang lainnya. Susu kedelai dapat menjadi alternatif ibu yang mempunyai kandungan vitamin D yang cukup.

Pisang
Buah pisang mengandung vitamin yang baik untuk tubuh.Pisang sangat baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil muda.Ini karena buah pisang merupakan sumber vitamin B6 yang tinggi,selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.

Buah pisang juga baik digunakan untuk mengurangi rasa mual saat hamil.Apel juga memiliki khasiat seperti pisang, yaitu berguna untuk janin dalam kandungan. Kandungan asam folatpada pisang sangat bermanfaat bagi perkembangan sel otak bayi.Selain itu Anda juga disarankanuntuk mengonsumsi jenis buah yang mengandung banyak serat.

Kacang-kacangan
Kacang merupakan sumber nutrisi ibu hamil muda yang sangat baik.Kacang-kacangan mengandung protein dan serat.Biasanya saat hamil banyak yang mengalami kendala pada pencernaan, yaitu sulit buang air besar.

Penyebab sembelit yaitu rahim yang tertekan karena kandungan yang makin besar, hormon progesteron, dan zat besi.Jika ibu mengkonsumsi kacang selama kehamilan, makaakan membantu mengatasi sembelit. Kacang juga menjadi sumber makanan yang kaya akankandungan zat besi dan asam folat.

Telur
Telur merupakan sumber protein yang bergizi untuk ibu hamil, ini karena kuning telur mengandung kolin.Kolin merupakan nutrisi ibu hamil muda yang sangat penting dalam perkembangan otak janin.Selain telur, ada sumber-sumber lain yang mengandung choline yaitu daging sapi, susu dan kacang kedelai.

Buah alpukat
Buah alpukat juga mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi untuk ibu hamil muda yang banyak.Diantaranya adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6.

Inilah yang menyebabkan mengapa buah alpukat juga bagus untuk di konsumsi pada saat awal kehamilan.Buah alpukat juga diperkaya dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Daftar Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Ibu pasti sudah sangat mengetahui bagaimana nutrisi itu sangat penting bagi janin yang ada dalam kandungan.Nutrisi terdapat pada makanan-makanan yang dikonsumsi.Makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang mempunyai gizi tinggi.

Lalu apa sajakah makanan bergizi untuk ibu hamil??.

Berikut beberapa diantaranya :

Brokoli
Brokoli merupakan sumber nutrisi untuk ibu hamil yang sangat bagus, brokoli mempunyai kandungan seperti asam folat dan kalsium. Selain kalsium dan asam folat, terdapat juga antioksidan dan serat yang bisa digunakan untuk melancarkan proses pencernaan dan tubuh, dan juga berfungsiuntuk menangkal berbagai penyakit.

Ada juga vitamin C di dalam brokoli untuk membantu penyerapan zat besi lebih sempurna.

Susu tanpa lemak
Susu lemak mengandung kalsium yang sangat tinggi.Kalsium juga di butuhkan untuk pembentukan tulang, sehingga baik untuk di konsumsi pada ibu hamil.

Oatmeal
Oatmeal atau bubur gandum merupakan makanan bergizi untuk ibu hamilyang bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.Oatmeal juga membantu seorangpenderita kolesterol tinggi. Kandungan gandumnya bagus untuk ibu hamil.

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut bisa membuat janin yang berada di dalam rahim tetap sehat, dan mendapatkan nutrisi bergizi.

Roti gandum
Di dalam roti gandum terdapat karbohidrat, serat, dan zat besi yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan baik juga dikonsumsi ibu hamil. Makan minimal empat lembar roti gandum dalam sehari sudah bisa memenuhi 20 hingga 35 gram kebutuhan serat harian

Ceri
Buah kecil berwarna merah ini ternyata adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi 20 kali lipat lebih banyak dari buah apel dan jeruk.Kandungan pada buah ceribekerjauntuk menangkal radikal bebas, mencegah peradangan, melawan kanker, dan menenangkan saraf otak.

Ini karena mampu mengedarkan darah normal dengan baik hingga ke otak. Selain itu terkandung juga mineral, tembaga, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi yang beberapa diantaranya sangat penting untuk ibu hamil.

Jika Anda ingin mengkonsumsinya, pilihlah buah ceri yang masih segar, karena ceri matang yang masih segar dapat melancarkan pencernaan dan membuat kulit jadi sehat dan putih.

Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk tubuh. Fungsi lemak tak jenuhnya yang terdapat dalam alpukat dapat membantu perkembangan fungsi memori sang bayi yang masih berbentuk janin di dalam rahim.

Alpukat juga mengandungvitamin B kompleks, asam folat, serta kalium yang sangat berfungsi untuk perkembangan tulang belakang pada janin hingga saat proses persalinan.

Ikan salmon
Ikan salmon adalah makanan bergizi untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi setiap hari. Ikan salmonmengandung lemak omega-3 yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus bagi wanita hamil.Salmonmengandung sedikit merkuri jadi masih aman dikonsumsi.

Tidak seperti makanan laut lain, semacam kerang yang kandungan merkurinya sangat tinggi. Sehingga kerang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ubi jalar
Kandungan karotenoid pada ubi jalar yang bermanfaat bagi wanita hamil, yaitu pigmen tanaman yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh.Meski mengkonsumsi makanan pembentuk vitamin A dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh, namun karetonoid pada ubi jalar berbeda.

Zat ini akan dikonversi bila diperlukan saja, sehingga tidak akanmembuat Anda harus membatasi konsumsi vitamin A yang terdapat pada beberapa jenis buah dan sayur.

Penutup

Demikian adalah beberapa makanan bergizi untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi untuk membantu menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.Semoga bermanfaat.