9 Hal Penting Yang Mungkin Anda Lupakan Saat Hamil

Seleberita.net – Tidak dipungkiri bahwa, masa kehamilan adalah masa dimana seorang wanita banyak melupakan banyak hal. Pasalnya, kebahagiaan akan kehadiran sang buah hati yang kini tengah dikandungnya membuat hal-hal penting tidak terpikirkan lagi. Padahal, ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan hal-hal yang terlupakan tersebut.

9 Hal Penting Yang Mungkin Anda Lupakan Saat Hamil

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin anda lupakan saat anda sibuk memikirkan kehamilan :
1. Santai
Menghirup napas yang dalam dan mengeluarkannya secara perlahan, membuat otot menjadi rileks serta membantu pikiran anda tetap stabil. Kegiatan ini akan membuat anda melalui trisemester pertama kehamilan dengan lebih mudah.

Cobalah melakukan beberapa bentuk relaksasi untuk menghindari stres dan depresi yang dapat menyebabkan masalah pada kehamilan.

2. Makanan super untuk ibu hamil
Makanan super yang memiliki kandungan gizi serta nutrisi banyak sebenarnya berasal dari beberapa makanan berikut ini.

• Buah buahan berwarna dan sayuran
• Telur
• Ikan Salmon
• Kenari, dan
• Kacang-kacangan

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan tesebut dalam jumlah yang cukup selama kehamilan.

3. Jurnal
Bagi ibu hamil penting untuk mencatat apa saja yang mereka alami, dan apa saja yang terjadi setiap jam atau setiap hari selama kehamilannya. Hal ini penting untuk mengetahui kronologis kesehatan, serta apa saja yang aktifitas yang harus dan tidak harus dilakukan oleh ibu hamil setiap bulannya.

Karena apa yang anda alami mungkin saja bisa terulang di kehamilan berikutnya. Sehingga, anda atau dokter sudah memiliki pegangan dan buku manual yang bisa anda jadikan acuan.

4. Menimbang berat badan
Kesibukan dan aktivitas setiap hari seringkali membuat seseorang lupa untuk memantau berat badan mereka saat hamil. Penting untuk ibu hamil menjaga berat badan mereka tetap stabil dan naik pada batas-batas yang wajar.

5. Hiburan
Seorang ibu hamil juga bisa melakukan sesuatu yang disukainya. Misalnya, pergi ke bioskop, menonton film kesukaan mereka, makan di luar, pedicure, manicure, atau sesuatu yang lain yang bisa dinikmati dan menyenangkan.
Kegiatan ini akan menjauhkan ibu hamil dari stres.

6. Berbagi dengan teman
Kehamilan pertama seringkali membuat perasaan seseorang bergejolak dan tidak menentu. Berbagilah untuk meringankan beban dengan teman atau sahabat. Berbagi adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan diri, dan mengurangi rasa cemas.

7. Photo
Mengambil foto setiap minggu selama kehamilan adalah cara terbaik untuk mendokumentasikan diri anda.

8. Berhubungan intim jika anda rasa itu perlu
Jika anda merasa sedang dalam mood yang bagus untuk melakukan ritual ini, anda dapat melakukannya dengan pasangan anda, dan tidak ada yang perlu dihawatirkan.
Akan tetapi, lakukanlah dengan cara yang lebih lembut dan halus.

9. Mengetahui tanda-tanda masalah kehamilan
Membekali diri dengan pengetahuan mengenai tanda-tanda masalah kehamilan merupakan hal penting yang harus anda miliki. Beberapa masalah yang mungkin terjadi pada ibu hamil seperti

  • Bayi yang tidak bergerak, atau menendang lebih sedikit dari biasanya. Anda dapat menanyakan ke dokter kandungan atau bidan pribadi anda mengapa hal tersebut terjadi
  • Sakit atau nyeri di perut yang parah dan berkelanjutan
  • Pendarahan yang terjadi pada vagina
  • Meningkatnya cairan atau lendir pada vagina
  • Tekanan yang terlalu berat pada panggul seperti tekanan yang diberikan oleh bayi yang menghasilkan kram, nyeri perut, dan kontraksi sebelum 37 minggu
  • Rasa sakit seperti terbakar saat buang air kecil
  • Muntah yang disertai demam dan nyeri
  • Pembengkakan yang terjadi di wajah, atau sekitar mata, dan di tangan, yang diikuti dengan kenaikan berat badan lebih dari 4 kg dalam seminggu
  • Depresi atau kecemasan yang berlebihan

 

6 Tanda Bahaya Pada Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui

Jika anda adalah salah satu wanita yang sedang mengandung anak pertama ada baiknya anda untuk sering mencari informasi tentang kehamilan, membaca misalnya. Pasalnya, kehamilan yang anda lalui sekarang bisa saja ada dalam masa bahaya.

Namun karena kekurangan informasi dan pengetahuan tentang kehamilan maka bisa saja hal ini dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran dini.

Berikut adalah beberapa tanda bahaya pada kehamilan yang harus anda ketahui :

1. Pendarahan pada hamil muda maupun hamil tua
Pada kehamilan trisemester pertama atau pada hamil muda pendarahan bisa menjadi tanda keguguran.

Sedangkan pendarahan pada saat hamil tua yang disertai nyeri pada perut merupakan tanda abruption plasenta yaitu ketika sebagian atau seluruh plasenta memisahkan dari rahim sebelum bayi anda lahir .

2. bengkak di wajah, kaki tangan yang disertai sakit kepala atau kejang
Gejala ini mungkin adalah tanda preeklamsia yaitu suatu kondisi yang serius selama kehamilan dan dapat berakibat fatal terhadap janin.

Kelainan ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kelebihan, terdapat protein dalam urin dan sering terjadi setelah minggu ke 20 kehamilan.

Untuk mengatasinya hendaknya anda pergi ke layanan kesehatan untuk mendapat perawatan prenatal yang baik , tujuannya dapat membantu menangkap preeklamsia dini.

3. air ketuban keluar sebelum waktunya
Kandungan yang semakin besar setiap harinya dapat menyebabkan tekanan pada kantung kemih. Namun jika yang keluar bukan air seni dan berwarna jernih kental atau yang kita kenal dengan air ketuban sebaiknya anda segera datang ke dokter kandungan anda untuk mendapatkan perawatan medis.

Karena air ketuban merupakan makanan bayi dalam kandungan. Pecahnya air ketuban adalah tanda tanda rusaknya pelindung bayi di dalam rahim yang bisa mengakibatkan kematian.

4. bayi dalam kandungan bergerak dengan lambat bahkan berkurang atau sama sekali tidak bergerak
Sejak usia 4 bulan bayi yang ada di kandungan sudah mulai menampakan gerak geraknya. Semakin bertambahnya usia kandungan maka semakin cepat pula bayi akan bergerak. Memasuki bulan ke 5 ke atas setidaknya bayi dalam rahim bunda haruslah bergerak minimal 10 kali sehari.

Dan disini bunda harus selalu mengawasi dan memperhatikan dengan cara merasakan sang bayi bergerak atau tidak. Jika anda merasa tak ada gerakan atau gerakan bayi dalam rahim lemah segera konsultasikan kepada ahli medis terdekat untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

5. Tidak nafsu makan bahkan muntah terus menerus
Sebenarnya muntah atau morning sikness yang dialami pada usia kehamilan di awal bulan merupakan hal yang wajar. Aktivitas ini akan terus berlanjut selama trismester pertama yaitu antara 10 sampai 12 minggu.

Namun, jika mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil terlalu berlebihan, maka akan menyebabkan tubuh sang ibu menjadi lemas dan dehidrasi karena kekurangan cairan. Konsultasikan masalah ini kepada dokter kandungan anda jika dirasa perlu penanganan yang lebih tepat.

Mengkonsumsi air hangat di pagi hari adalah salah satu cara untuk mengurangi mual pada ibu hamil. Anda bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon agar dapat menetralisir rasanya.

Penutup

Jika salah satu point diatas terjadi pada anda, segeralah memanggil dokter atau bidan. Atau meminta bantuan.

Ada baiknya anda tidak melupakan hal-hal penting pada kehamilan anda tersebut. Semoga bermanfaat.