Fase Perkembangan Janin 1 Sampai 7 Bulan

Seleberita.net – Saat seseorang wanita sedang mengandung, pastilah akan sangat membahagiakan. Seorang wanita yang sedang hamil pasti akan selalu memperhatikan setiap fase perkembangan janin yang dialami, mulai dari minggu ke minggu dan dari bulan ke bulan.

Ibu hamil sangat perlu mengetahui fase perkembangan janinyang ada dalam kandungan. Biasanya seorang ibu hamil akan mengetahui fase janin yang ada dalam kandungan dengan cara USG.

USG merupakan cara yang sangat mudah untuk mengetahui secara jelas tentang janin yang ada di dalam kandungnnya, termasuk jenis kelaminnya.

Fase Perkembangan Janin 1 Sampai 7 Bulan

Ada beberapa fase perkembangan janin yang dapat ibu ketahui ,antara lain adalah sebagai berikut :

1. Janin 1 bulan

fase perkembangan janin umur 1 bulan dimulai dengan terbentuknya kantung yang berfungsi melindungi janin dari air ketuban.

Pada bulan pertama mulai terbentuk plasenta yang berfungsi menyalurkan makanan dan nutrisi dari tubuh ibu hamil kepada janin.Sirkulasi darah juga sudah mulai terjadi dalam tubuh janin.

2. Janin 2 bulan

Pada saat janin berusia 2 bulan, bakal wajah sudah mulai terbentuk.Bakal telinga sudah mulai terdapat lipatan pada kanan dan kirinya.

Selain itu kaki,lengan, dan tangan serta jari- jarinya sudah mulai berkembang.Syaraf otak, syaraf tulang belakang dan pencernaan juga sudah mulai berkembang.

3. Janin 3 bulan

Perkembangan janin 3 bulan sudah hampir sempurna semua bagian tubuhnya, mata mulai bisa berkedip, jari jemarinnyasudah dapat mengepal.

Kuku pada bayi juga sudah mulai tumbuh.Meskipun belum sempurna, namun jenis kelamin pada bayi sudah mulai tumbuh.Biasanya jenis kelamin dapat diketahui saat melakukan pemeriksaan USG.

4. Janin 4 bulan

Pada saat memasuki fase perkembangan janin 4 bulan, bayi telah memasuki perkembangan yang sempurna.Saat usia ini,bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, hidung, dan bagian lainnya sudah terlihat jelas. Pada saat usia ini, sangat tepat jika dilakukan pemeriksaan USG.

Ini karena pada bulan ke 4, janin sudah terbentuk hampir sempurna. Janin usia 4 bulan ini juga sudah mulai aktif dalam bergerak. Biasanya saat pergerakannya dia sudah mulai mengisap jari, menguap , dan mengedipkan mata.

5. Janin 5 bulan

Pada tahap ini, pergerakan janin semakin aktif dalam bergerak. Janin juga sudah mulai ditumbuhi rambut pada kepalanya.

Selain kepala, tangan dan kaki janin sudah di tumbuhi bulu halus pada kulitnya. Kulit janin juga di lapisi lapisan putih yang berfungsi melindungi janin dari air ketuban secara langsung saat janin di lahirkan.

6. Janin 6 bulan

Saat janin memasuki usia 6 bulan, fase perkembangan janin yang dialami yaitu kulit bayi sudah di tumbuhi kerutan pada kulit janin.Kulit bayi masih sangat tipis, jadi pembuluh darah pada janin masih terlihat.

Pada saat usia ini, janin sudah dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut.Sebaiknya ibu saat hamil 6 bulan sebaiknya mendengarkan lagu seperti lagu klasik karena lagu klasik dipercaya dapat merangdang kecerdasan anak.

7. Janin 7 bulan

Pada usia ini, selain dapat mendengar kata-kata atau suara pada luar perut,janin juga sudah dapat merasakan adanya cahaya dari luar.

Ibu sudah mulai merasakan pergerakan saat berganti posisi, janin juga sudah menyimpan lemak.

Penutup

Demikianlah fase perkembangan janin dalam kandungan usia 1 sampai 7 bulan.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, sehingga anda bisa mengontrol apakah perkembangan janin dalam kandungan anda baik atau tidak.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kandungan ke pada dokter atau bidan setiap bulannya.