Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 7 – 12 Bulan

Seleberita.net – Setiap bulan bayi akan tumbuh dan berkembang. Tidak hanya fisiknya yang tumbuh, tetapi juga kemampuannya. Ibu akan kagum ketika dia melihat betapa cepatnya dia tumbuh dan lebih bijaksana. Terutama pada pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 7-12 bulan yang terlihat sangat cepat.

Secara fisik, bayi berusia 7 bulan memiliki berat sekitar 6,7-10,5 kg, dan panjang tubuhnya sekitar 65-73,2 cm. Karakternya akan lebih terlihat, dan dia akan mudah waswas jauh dari orang tuanya.

Untuk mengurangi rasa ketergantungan anak pada ibunya, upayakan hal ini dengan memperkenalkan dan memperkenalkannya kepada anggota keluarga lainnya. Giginya juga mulai tumbuh, jadi ini saat yang tepat untuk mengenalkannya pada makanan padat.

Setelah bunda tahu cara melatih dan memaksimalkan tumbuh kembang bayi usia 1-6 bulan, kini saatnya anda tahu apa-apa saja yang sudah mampu bayi anda lakukan diusianya yang menginjak 7 bulan.

Masa perkembangan bayi 7 bulan keatas adalah masa-masa paling menggemaskan. Pasalnya, bayi sudah mulai tertarik dengan segala hal dan ingin meraihnya.

Nampaknya, kesabaran dan ketelatenan orang tua sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang bayi 7-12 bulan ini.

Dan ingat ya.. Bunda harus selalu sabar menamani dan menjaga sang buah hati. Karena ia sedang dan harus tumbuh dengan sempurna dalam keluarga yang penuh dengan kasih sayang.

Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 7 – 12 Bulan

Dan berikut adalah cara melatih tumbuh kembang bayi usia 7-12 bulan :

Bulan ke-7

Pada usia 7 bulan bayi akan mulai mengembangkan keterampilan menggenggamnya. Bayi akan menggenggam dengan lebih kuat dan erat. Untuk melatihnya anda dapat memberikan benda-benda yang kecil dan aman seperti cangkir plastik, sendok plastik, serta ajaklah bayi untuk bermain di luar misalnya di atas rumput.

Pada awalnya kemungkinan bayi akan mengambil beberapa jumput rumput dan merobek-robeknya atau mengacak-acaknya, kemudian dia akan terpesona dan ingin mengambil lebih banyak lagi.

Bulan ke-8

Di bulan ini adalah waktunya untuk merangsang bayi mengenali ruang dan kata. Cobalah memberikan mainan bayi yang memiliki kesamaan misalnya panci dan wajan​.

Selain itu anda juga bisa mencoba beberapa tanya dengan pertanyaan ” mana hidungmu?” sambil memberikan jawaban “ini hidung” dan menunjuk hidungnya.

Cobalah terus memberikan beberapa pengenalan bagian-bagian tubuh dan kata-kata yang lebih banyak.

Bulan ke-9

Bulan kesembilan bayi akan mulai terpesona oleh benda yang berengsel dan bisa bergerak secara dinamis.

Perhatikanlah jika anda memberikannya buku, bayi akan asik menikmatinya sambil membolak balik dan merobeknya.

Selain itu, bayi juga akan terpesona oleh lemari, kardus dan berbagai hal yang bisa bergerak dengan dinamis.

Bulan ke-10

Pada bulan ke 10 bayi akan suka memainkan petak umpet atau “cilukba”. Dengan memainkan mainan ini, bayi akan mengembangkan keterampilan motorik dan konsep permainan.

Anda bisa mengajaknya bermain dengan menyembunyikan mainan-mainan kesayangannya di balik beberapa tempat yang tersembunyi. Bayi akan belajar untuk menemukan sesuatu.

Bulan ke-11

Tetaplah memberikannya kemampuan bahasa dengan sering-sering mengajak bayi berbicara, bertanya, dan mengajaknya bernyanyi.

Jangan biarkan bayi belajar dari DVD atau CD dan televisi. Berikan contoh cara mengucapkan sesuatu sambil memberikan contoh dengan gerakan dramatis.

Bulan ke 12

Berbicara atau berjalan? Beberapa bayi memang ada yang memiliki kemampuan berbicara lebih cepat dari pada berjalan, dan sebaliknya.

Penutup

Nikmatilah momen-momen indah tersebut dengan sabar dan penuh kasih sayang bersama sang buah hati tercinta.

Jangan lupa untuk menyimpan foto setiap bulan untuk dokumentasi agar anda mengetahui buah hati tumbuh dengan baik.