5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Ketiga

Sekarang Anda sudah mencapai trisemester ketiga dari kehamilan Anda. Anda masih memiliki beberapa minggu lagi menuju ke persalinan. Akan tetapi pada bagian inilah biasanya saat-saat paling rentan, rawan, dan menantang bagi seorang ibu hamil.

Pada trisemester ke-3 (ketiga) ini Anda harus memiliki pengetahuan tentang apa saja masalah yang masih dalam radius normal, dan apa saja masalah yang memerlukan bantuan orang lain atau dokter. Seorang ibu hamil wajib memiliki informasi dan pengetahuan mengenai masalah-masalah tersebut, atau apapun yang sering terjadi pada trisemester kehamilan.

Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Ketiga

Berikut adalah 5 hal yang paling sering terjadi dan yang paling sering dialami oleh ibu hamil pada trisemester ketiga.

1. Sakit punggung

Beratnya beban ekstra yang Anda bawa membuat punggung menjadi sakit dan pegal. Selain itu, bagian pinggul adalah bagian yang paling banyak menahan beban.

Hal ini wajar terjadi dan sering dialami oleh ibu hamil. Bisa dipastikan hampir semua ibu hamil mengalaminya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada punggung Anda, diantaranya adalah dengan.

  • Berlatih untuk berjalan, duduk, dan tidur dengan menggunakan posisi dan postur yang baik dan tepat.
  • Duduk menggunakan kursi dengan sandaran dan posisi tegak, akan memberiakan Anda rasa nyaman, serta dapat mengurangi beban tulang punggung.
  • Pada malam hari ketika Anda hendak tidur, usahakan untuk memiringkan badan dan menyelipkan bantal di antara kaki Anda.
  • Sedangkan ketika Anda berjalan. Usahakan untuk tidak menggunakan sendal atau sepatu yang memiliki hak. Kenakan sepatu yang nyaman dan memiliki kelengkungan yang baik.
  • Untuk mengurangi rasa nyeri, pegal, dan sakit pada punggung Anda dapat meminta pasangan Anda untuk memijat secara lembut dan halus. Atau Anda juga dapat menggunakan bantal yang memiliki pemanas untuk mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, mintalah saran dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

2. Pendarahan

Jika Anda mengalami pendarahan pada trisemester ketiga, hal tersebut merupakan masalah serius yang harus Anda sikapi.

Segeralah menghubungi dokter atau meminta bantuan jika masalah tersebut terjadi pada Anda.

Kemungkinan terburuk dari masalah ini bisa menimbulkan persalinan prematur.

3. Kontraksi ringan

Pada trisemester ketiga Anda akan mengalami kontraksi yang lebih sering, akan tetapi masih dalam tahap normal dan bisa ditolerir. Kontraksi ini memiliki ciri-ciri, terjadinya tidak secara intens atau terus menerus. Kontraksi jenis ini normal terjadi, biasanya itu menandakan bahwa persiapan dan pemanasan sebelum persalinan sudah dimulai.

Kontraksi yang sesungguhnya akan terjadi pada akhir kehamilan dan berlangsung sangat intens, serta memiliki jarak yang semakin dekat dan dekat antara satu kontraksi dengan kontraksi berikutnya.

4. Keputihan

Ibu hamil akan lebih sering melihat keputihan pada saat ini. Jika keputihan terlalu berat dan memiliki volume yang banyak. Anda dapat memanfaatkan panty line untuk mengatasinya.

Semakin dekat Anda menuju ke persalinan keputihan yang muncul akan semakin terlihat tebal, jelas, serta biasanya mengandung sedikit darah. Hal ini menandakan bahwa leher rahim Anda sudah mulai melebar dan siap untuk melakukan persalinan.

Tetapi jika Anda menemukan cairan yang keluar secara tiba-tiba dalam jumlah yang banyak itu artinya bahwa air ketuban Anda sudah pecah. Segeralah menghubungi dokter atau bidan dan meminta bantuan jika hal tersebut terjadi pada Anda.

5. Beberapa masalah serius Lainnya

Selain beberapa masalah di atas, masalah yang mungkin akan Anda temui di semester ketiga diantaranya adalah

  • Nyeri perut atau kram yang parah
  • Mual dan muntah terus-menerus
  • Pendarahan
  • Pusing atau sakit kepala berat
  • Rasa nyeri seperti terbakar saat buang air kecil
  • Kenaikan berat badan yang signifikan atau terlalu cepat. Misalnya, lebih dari 6,5 kg per bulan. Atau sebaliknya, kenaikan berat badan yang terlalu sedikit.

Penutup

Jika Anda mengalami hal yang telah disebutkan pada poin diatas pada trisemester ketiga kehamilan, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter atau bidan dan jangan menunggu jadwal kunjungan rutin yang Anda miliki.Semoga Artikel ini bermanfaat.